Home / SMPIT Kaifa / Kegiatan SMPIT Kaifa / Bersiap Siagalah Pramuka Penggalang Garuda SMP IT KAIFA

Bersiap Siagalah Pramuka Penggalang Garuda SMP IT KAIFA

Gerakan Pramuka Penggalang SMP IT Kaifa kini tengah mengikuti proses kegiatan seleksi  program pramuka penggalang garuda tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor yang dilaksanakan mulai tanggal 24 – 26 Februari 2017 dibumi perkemahan Cimandala Bogor, setelah sebelumnya dilakukan pengantaran langsung oleh ketua DKR Kwartir Ranting (Kwaran) Ciomas yaitu kak  Eje Jaenudin di ikuti para pengurus Kwaran Ciomas, Kamabigus, pembina latih, para orang tua anggota calon pramuka garuda serta segenap guru SMP IT Kaifa. Adapun Calon peserta pramuka garuda yang berhasil lolos pada tahap seleksi  tingkat Kwaran Ciomas sebanyak 16 anggota pramuka, Seleksi dilakukan dengan cara melakukan pengetesan ulang Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus oleh para pengurus Kwaran Ciomas dan para anggota penegak, yang  dibimbing langsung oleh para pembina latih putera dan puteri.

Persiapan untuk lanjut menuju tahap pramuka penggalang garuda tidaklah mudah selama kurang lebih 2 bulan anggota pramuka dituntut untuk melewati segala tahapan seleksi salah satunya melengkapi segala portofolio yang isinya meliputi data diri anggota dan segala dokumen pembuktian mulai dari sertifikat prestasi maupun pelantikan tingkat. Selain itu mereka harus memiliki kecakapan 10 macam karakter dasa dharma pramuka.

Setelah itu selama tiga hari,  ratusan anggota pramuka di Bumi Tegar Beriman berkumpul di Bukit Perkemahan Cimandala, Sukaraja, Kabupaten Bogor. Sampai Minggu (26/2) mendatang, para anggotanya siap untuk mengikuti pelantikan Pramuka Ga­ruda secara resmi.

Ketua Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kwarcab Kabupa­ten Bogor Taufik Rahman menga­takan, pelantikan ini akan dikuku­hkan ketua Kwarcab Kabupaten Bogor dan peserta pramuka pan­dega. Anggotanya mencapai 531 orang dari 32 kecamatan. “Setiap kecamatan mengirimkan sesuai ke­mampuan dan kesiapan peserta yang telah memenuhi persyaratan se­suai aturan kwarnas tentang Pramu­ka Garuda,” ujarnya.

Pengantaran calon pramuka penggalang garuda oleh Kwaran Ciomas

Dari seluruh peserta, di antaranya terdiri dari 83 peserta Siaga, 356 pe­serta penggalang, 83 peserta penegak dan sembilan peserta pandega. “Saya berharap selama empat hari ini ber­jalan dengan baik dan sesuai ren­cana,” pungkasnya.

SMP IT Kaifa merupakan satu-satunya perwakilan sekolah tingkat kwaran Ciomas yang berhasil mengirimkan anggota pramuka nya ke tingkat kabupaten Bogor, hal ini merupakan suatu kebanggaan dimana banyak dari Gugus Depan disekitar ciomas yang mundur ataupun belum berhasil menghatarkan para anggota pramukanya ke tingkat Garuda. Dapat dikatakan SMP IT Kaifa menjadi pelopor penggerak bangkitnya Pramuka Garuda di wilayah kwaran Ciomas.

 

Pramuka Garuda sendiri adalah tanda kecakapan dan penghargaan tertinggi bagi Pramuka. Sedangkan Tanda Pramuka Garuda merupakan suatu bentuk “Kiasan Dasar” lambang kegagahan, kemandirian, kekuatan, yang diharapkan dapat memberi kebanggaan bagi Pramuka sebagai “Garuda Nusantara” yang senantiasa meningkatkan kualitas dirinya secara berkesinambungan dengan tetap melaksanakan satya dan darmanya. Di samping itu juga  sebagai sarana motivasi anggota muda dan dewasa muda Gerakan Pramuka dengan sistem nilai yang bertumpu pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Karna kegiatan ini dapat menjadi salah satu syarat jalur prestasi bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pelantikan Pramuka garuda merupakan pintu gerbang bagi para anggota pramuka untuk bisa berkarya lebih di lembaga Pramuka, mereka mempunyai kewajiban untuk mengoptimalkan perannya di gugus depan masing-masing, karena ini merupakan tingkatan pramuka tertinggi, diharapkan Pramuka Garuda bisa mengkaryakan dengan baik seluruh potensinya untuk kemajuan gugus depan. (sry)

Artikel Lain

SMPIT Kaifa memperingati Tahun Baru Islam 1441 H

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,   Alhamdulillah kegiatan Tarhib Muharram 1441 H telah dilakukan siswa/siswi dan guru-guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =