Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Khotaman Al quran SDIT Kaifa Tahun Pelajaran 2016 – 2017

Khotaman Al quran SDIT Kaifa Tahun Pelajaran 2016 – 2017

Oleh : B’ Yeti Supriati

Assalamualaikum, Wr.Wb.

Alhamdulillah acara Khotaman Al Quran SDIT Kaifa yang ke-3 pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2017 berjalan dengan lancar walaupun pada saat berlangsungnya acara tersebut, hujan sangat deras sesuai dengan dimulainya acara pada jam 08.00 WIB hujan baru berhenti saat acara selesai pada jam 11.30 WIB in sya Allah hujannya menurunkan keberkahan untuk kami semua, terbukti para peserta, guru dan orang tua semua semangat, terbukti de
ngan para orang tua yang hadir memenuhi undangan dari sekolah. Alhamdulillah ya Allah atas nikmatmu …

Peserta Khotaman Al Quran kali ini diikuti oleh 90 peserta dengan 2 kateg
ori kategori Tartil ada 56 peserta dimana kategori ini telah tartil membaca Al Quran dan menguasai ghorib, tahfidz sedangkan peserta yang 34nya peserta tahfidz yang sudah menyelesaikan hafalan juz 30. Ada yang istimewa pada Khotaman kali ini karena peserta Tartilnya ada siswa yang sangat semangat yaitu ananda Aunurahman Ali alhamdulillah bisa mengikuti rangkaian acara Khotaman dengan penuh semangat.

Oh iya…! Khotaman Al Quran ini merupakan puncak dari 3 rangkaian kegiatan sebelumnya yaitu Pra Munaqosyah merupakan latihan atau uji coba peserta Khotaman Al Quran, Daurah merupakan kegiatan untuk memotivasi peserta yang akan di Munaqosyakan dan Imtihan/Munaqosyah sebagai ujian untuk para peserta sampai dimana peserta menguasai bacaan Al Quran, Ghorib, Tajwid dan hafalan surat-surat juz 30. Khotaman Al Quran ini merupakan apresiasi bagi siswa – siswi yang sudah melaksanakan khotam Al Quran dan hafalannya.

Pada acara tersebut dibuka dengan tampilan Marawis dan pembelajaran Al Quran methode Jilid 4 yang dibawakan oleh siswa kelas 1 lucu-lucu banget apalagi yang jadi gurunya ananda Hilya. Selanjutnya ada tampilan tahfidz dari kelas 2 dan kelas 6 ada yang menarik saat tampilan tahfidz kelas 6 kakak ini membawakan Q.S Al muzzamil dengan memakai gerakan. Dilanjut dengan prosesi khotaman dimulai peserta dipanggil satu persatu menaiki panggung kehormatan.

Peserta semua duduk menghadap Al Quran di mejanya masing-masing setelah mendengar sambutan-sambutan acara dimulai dengan do’a kemudian membaca QS An naba, At takatsur s/d An nas kemudian Al fatihah dan terakhir Al Bakoroh 1-5 kemudian do’a. Seiring derasnya hujannya ayat-ayat Al Quran dilantunkan menambah kesegaran memenuhi linkungan Kaifa.

Tiba saatnya imtihan yang dipandu oleh ust. Roghibi, M.Pd.I dari Uf (Ummi Foundention) acara ini meriah sekali, begitu antusias para orang tua memberikan pertanyaan kepada para peserta . emh… ga mau kalah lo, bapak ketua yayasan Qurrota ‘Ayun Bapak Rudi Warsito, S.E memberikan pertanyaan tentang kalimat Kaifa yang ada di Al Quran . Oh subhanallah, ternyata anak kaifa yang hebat ternyata bisa mejawab juga.

Demikian rangkaian acara khotaman Al Quran SDIT Kaifa perlu diketahui juga 1 minggu sebelum khotaman kami guru dan peserta dibagi membaca Al Quran 1 juz perorang sehingga dihari Jum’at kami sudah Khotam Al Qur’an juga sebagai pemantapan bahwa acara tersebut merupakan tasyakuran Khotaman bersama. Terimakasih semoga Khotaman berikutnya lebih barokah lagi dan mencetak generasi Quran berikutnya, aamiin.

Artikel Lain

Semangat Muharram untuk Menyiapkan Generasi Qurani

Oleh : Ine Indriani Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Sholawat serta salam …

2 Komentar

  1. Alhamdulillah…smg mjd bagian utk membentuk generasi robbani

  2. Arif Apriansyah

    Allahummarhamna bil Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 3 =