Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Serunya belajar di alam

Serunya belajar di alam

Assalamualaikum wr.wb

Hai sobat kaifa.. apa kabar semuanya??? Alhamdulillah mudah  – mudahan sobat semua dalam keadaan sehat walafiat yaa…

Sobat, kali ini saya mau menceritakan tentang pembelajaran yang seru lhoo.. yaitu pembelajaran di alam.. tau gak sih sobat bahwa ternyata alam adalah laboratorium terbesar yang ada di dunia.

Pada hari selasa kemarin tanggal 29 agustus 2017 kami kelas 3 Almawardi belajar Ilmu Pengetahuan alam, materinya yaitu tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan. Kami diminta bu guru kami yaitu bu Imas Marwati dan bu Yanti Susanti untuk mengamati lingkungan alam yang ada di sekitar sekolah,, sebelum memulai pembelajaran seperti biasa kami mulai dengan murojaah,, kali ini yaitu surah Al- Muthofiffin ayat 1-5. Setelah selesai murojaah kami langsung keluar kelas berjalan jalan disekitar sekolah, seru lho sobat,, kami bisa melihat pemandangan gunung yang indah dibelakang sekolah kami, pemandangan gunung salak yang kokoh nan indah tepat terpampang tepat dihadapan kami.

Subhanalloh…

Selain gunung, kamipun melihat dan mengamati sungai kecil yang ada disekitar sekolah.. disungai ada berbagai macan hewan diantaranya kepiting, ikan – ikan kecil, laba – laba dan ada juga hewan yang bernama anggang – anggang. Anggang – anggang ini badannya mirip laba – laba kakinya  kurus kecil tapi hidupnya diatas air, subhanalloh mereka bisa berjalan diatas air lho sobat.. sungguh luar biasa..       sobat semua bisa berjalan diatas air gak seperti anggang – anggang??

sungai kecil ini ternyata banyak sekali manfaatnya lho sobat, selain menjadi tempat hidup hewan, sungai kecil ini mengairi sawah dan juga mengalirka air ke kolam ikan penduduk yang ada disekitarnya. Nah sobat.. selain yang disebutkan diatas adakah manfaat lain dari sungai?? ….

Disekitar sekolah kami juga ada sawah lho.. sawah adalah salah satu lingkungan yang sengaja dibuat oleh manusia yang salah satu fungsinya yaitu untuk menanam padi. Kebetulan ketika kami mengamati sawah padinya sedang berbuah lebat padinya masih hijau menandakan padi ini belum siap dipanen. Selain padi kami juga melihat ada beberapa binatang disawah yaitu ada keong, tutut dan ikan ikan kecil.

Kami semua merasa senang belajar IPA langsung di alam terbuka, kami jadi semakin semangat belajar bersama teman dan ibu guru kami.Semoga sobat pun tetap bersemangat belajar untuk meraih cita – cita kalian..

 

 

Artikel Lain

Semangat Muharram untuk Menyiapkan Generasi Qurani

Oleh : Ine Indriani Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Sholawat serta salam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 6 =