Home / YAYASAN / Kegiatan YQAB / MUSDA JSIT BOGOR

MUSDA JSIT BOGOR

Oleh : Ibu Yantie Istanty, M.Pd.

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Korda Bogor mengadakan MUSDA (Musyawarah Daerah) JSIT ke-2 di Hotel Sahira, Bogor, 28 Februari 2018 yang lalu. Salah satu hasil keputusan penting Musda tersebut adalah dipecahnya kepengurusan JSIT yaitu pengurus JSIT Kota Bogor dan JSIT Kab Bogor. Adapun yang didaulat menjadi ketua JSIT Kota Bogor adalah M. Furqon Zahidi, M.Pd (SMKIT Insan Toda) dan ketua JSIT Kab Bogor adalah Vientyani Kartika Irawati, SE (SIT Kaifa). Kepengurusan JSIT Kabupaten Bogorpun diamanahkan kepada beberapa guru di SIT Kaifa, yaitu Yantie Isnanty M., M.Pd (Ketua Bidang Pengembangan Usaha), Ahmad Syahroni, S.Pd.I (Ketua Bidang Humas dan Kemitraan), dan M. Sobur, S.Pd.I (Ketua Bidang Pramuka).

Musda II JSIT Korda Bogor dihadiri kurang lebih 92 peserta, yang merupakan anggota dan utusan dari sekolah-sekolah yang tergabung dalam JSIT Korda Bogor. Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, TB.A.Luthfie Syam, yang didaulat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan musda.
Dalam sambutannya, Luthfie menekankan pentingnya peran guru dan sekolah dalam menumbuhkan karakter terhadap murid, terlebih di sekolah islam. “Sebagai sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, JSIT harus terus mengembangkan program-program yang memperkuat karakter siswa, terlebih dalam era digital ini. Dimana, siswa sangat memerlukan benteng dan filter agar siswa tidak terjebak dalam pergaulan dan dampak buruk teknologi informasi,” ujar Luthfie.
Selain dihadiri oleh kadisdik dan para undangan lainnya, Musda II JSIT Korda Bogor juga dihadiri Ketua JSIT Wilayah Jawa Barat Aep Syarifuddin. Ia bahkan menekankan kepada JSIT Bogor agar terus mengembangkan sayapnya, serta terus menebarkan manfaat dan kebaikan bagi dunia pendidikan, khususnya di Bogor. “JSIT Bogor perlu terus berinovasi dan mengembangkan organisasi. Ini guna nilai-nilai kebaikan, seperti prinsip-prinsip penumbuhan karakter dan pembinaan siswa yang selama ini kita kembangkan di JSIT, bisa terus dirasakan oleh para pihak terkait dalam dunia pendidikan, khususnya di Bogor,” ujarnya.
Acara Musda ini pun dimeriahkan dengan beberapa tampilan dari siswa-siswa yang tergabung dalam JSIT Korda Bogor. Tampilan awal dimeriahkan oleh siswa-siswi SDIT Nahwanur dengan menampilkan permainan alat musik angklung. Tampilan kedua marawis dari SDIT Islahul ummah dan terakhir tampilan nasyid dari SMPIT Al Fityan. Tampilan dari siswa-siswi tersebut menjadi hiburan yang turut memeriahkan acara musda serta bertujuan memotivasi siswa agar lebih percaya diri menunjukkan kemampuan sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.
Acara Musda ini berlangsung selain didukung oleh sekolah-sekolah anggota dan non anggota JSIT Korda Bogor, juga disponsori oleh Penerbit Buku Yudhistira, Asar Community dan PKPU. Tak lupa stand bazar bidang pengembangan usaha JSIT Korda Bogor ikut kebanjiran rezeki dengan menjual barang-barang kebutuhan sekolah-sekolah JSIT seperti: bahan batik JSIT, Buku Standar Mutu SIT, berbagai gantungan, pin, dan masih banyak lagi.
Yang tak kalah menariknya, acara musda ini diisi juga dengan Seminar tentang Sistem Pengelolaan Lembaga Islam, Berbasis Dakwah yang merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Ust. Drs. Syamsuddin Harun, M.Pd. Alhamdulillah beliau berkenan hadir mengisi kegiatan musda ini dengan harapan agar lembaga-lembaga Islam yang mengelola sekolah-sekolah khususnya lembaga Islam dapat mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam menjalankan seluruh aktivitasnya, baik kepada siswa, guru, orgtua maupun pegawai yang bekerja di sekolah-sekolah Islam.
Sessi terakhir kegiatan musda ini ditutup dengan pengukuhan pegurus JSIT Kota dan Kabupaten Bogor oleh Ketua Wilayah JSIT Jawa Barat, doa, dan foto bersama. Semoga para pengurus dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya serta dapat  meningkatkan  soliditas & profesionalitas menuju lembaga pendidikan berkualitas sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan musda ini. Aamiin

Untuk foto-foto kegiatan ini dapat dilihat di sini.

Artikel Lain

Kegiatan Pemotongan Hewan Qurban SIT Kaifa 1440 H

Idul Adha merupakan salah satu dari dua hari raya besar umat Islam yang diperingati setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × five =