Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Dauroh Al Quran Kelas 4 SDIT KAIFA 2018

Dauroh Al Quran Kelas 4 SDIT KAIFA 2018

Oleh : Panitia Dauroh SDIT KAIFA

Assalamu’alaikum wr wb

Dauroh berasal dari kata *daara-yaduuru-dauroh* artinya mengelilingi, tempat, acara. Dauroh Al Quran adalah acara membahas tentang pengetahuan dan keilmuan Al Quran.

Yayasan Qurrota Ayun Bogor (SDIT KAIFA) melaksanakan acara Dauroh Al Quran untuk kelas IV yang berlangsung selama dua hari, pada hari Jumat – Sabtu (19 – 20 Oktober 2018) dengan tema “Indahnya Menjaga Hafalan” yang bertempat di gedung SDIT KAIFA.

Kegiatan Dauroh dilaksanakan 3x setiap tahun sesuai dengan level kelas, dari mulai kelas 4 hingga kelas 6. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari penuh dari Jum’at pagi sampai dengan Sabtu pagi.

Kegiatan Dauroh Al Quran bertujuan untuk memperkuat dan menjaga hafalan Al Quran peserta didik dan melatih bacaan peserta didik agar dapat membaca Al Quran dengan baik dan tartil.

Hari pertama kegiatan ini diisi dengan penyampaian materi oleh Ust. M. Asep Syaepudin, S.Pd.I dan Ust. Taufik Aziz, SS., shalat berjamaah, murojaah Juz 30 dan Juz 39, dinamika kelompok (hafalan dan setor hafalan), games dan muhasabah.

Kemudian, dihari ke-dua diisi dengan kegiatan shalat tahajud, murojaah, morning activity (jalan pagi di sekitar lingkungan sekolah dan senam) dan pembagian hadiah.

Dauroh Al Quran kelas 4 ini diikuti 64 siswa/i SDIT KAIFA, mereka terdiri dari calon peserta Khotaman Al Quran, baik yang Tartil (sudah Ghorib dan Tajwid) maupun yang Juz 30/29. Anak-anak sangat antusias mengikuti acara dauroh, ini dibuktikan dengan semangat  yang tinggi mengikuti setiap rangkaian acara tersebut.

Acara yang sangat ditunggu-tunggu adalah saat games, karena mereka bisa saling mengasah kemampuan dan mengetahui sejauh mana mereka memahami Al Qur’an metode Ummi.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat termotivasi untuk menambah dan menjaga hafalan Al Quran nya serta dapat membaca Al Quran dengan tartil. Aamiin, ALLAHU AKBAR!

 

Foto kegiatan ini dapat dilihat di sini.

Artikel Lain

SEMARAK PERINGATAN HUT KE-74 RI di SIT KAIFA CIOMAS

Oleh : Panitia HUT RI Kaifa Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + sixteen =