Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Outing Class 1 Ke INAGRO

Outing Class 1 Ke INAGRO

Assalamu’alaikum Wr Wb

Halooo teman – teman bertemu lagi dengan kami Kelas 1 SDIT KAIFA.

Kali ini kami akan berbagi cerita keseruan kami Outing Class To Inagro sesuai dengan tema pembelajaran kami yaitu Pengalamanku dan Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri.

Adapun peserta yang ikut outing sebanyak 65 siswa/i, 33 dari siswa/i 1 Al-Hamadani dan 32 dari siswa/i 1 Al Biruni. 4 siswa/i tidak ikut kegiatan ini karena sakit.

Sebelum berangkat kami melaksanakan sholat dhuha terlebih dahulu dikelas masing – masing yang dibimbing oleh guru kelas.

Setelah melaksanakan sholat dhuha, siswa/i berbaris dilapangan untuk mendapatkan arahan dari kepala sekolah yaitu Bapak Ahmad Syahroni, S.Pd.I ( siswa/i pun dengan seksama mendengarkan arahan yang disampaikan oleh Pak Kepsek) dan dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Tak lupa kami membaca do’a agar kegiatan kami berjalan lancar dan selamat sampai tujuan, Aamiiin. Kemudian siswa/i diarahkan untuk naik kendaraan. Kami pergi ke Inagro dengan 7 angkot, masing – masing angkot 10 anak dengan 1 guru pendamping.

Kurang lebih perjalanan kami memakan waktu 1 jam 30 menit. Alhamdulillah kami sampai di Inagro disambut dengan ramah oleh tour guide. Kami diarahkan menuju aula untuk berkumpul. Sebelum melakukan kegiatan keliling area Inagro, kami senam dulu agar tambah semangaaaat. O ya ada yang berani tampil juga lo untuk memimpin doa dan memimpin senam didepan. Kereeeen

Tak lupa kami berfoto dahulu bersama ciiissss ^_*. Setelah itu barulah keliling area dibagi menjadi 3 kelompok. Ada yang ke area Kultur jaringan , mereka mendapatkan informasi mengenai tehnik menanam dengan memproduksi banyak bibit tanaman dalam waktu yang singkat. Keunggulan tehnik kultur jaringan menjamin kualitas dan karakter bibit sama dengan tanaman induk dan bebas dari penyakit dan virus.

Ada juga kelompok  yang ke area hidrogel disini kami belajar menanam  dengan media jeli. Hidrigel merupakan polimer buatan yang mampu menyerap air 100 – 220 kali dari ukurannya. Jadi tanaman tidak perlu disiram karena media tanamamnya sudah banyak mengandung air. Tanaman hidrogel yang kami buat, boleh kami bawa pulang loh………., asyiiikkk…

Sedangkan kelompok lainnya ada yang ke area hidroponik disini kami diajarkan bagaimana menanam sayuran dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air budidaya dengan tanah. Sedangkan dikegiatan ini kami bisa memanen hasil sayuran hidroponik. Kami memanen sayur sawi, hasil panennya boleh dibawa pulang juga lo…

Semua kegiatan ini dilakukan secara bergiliran (moving).

Ada mobil wara-wiri yang sudah menunggu kami, serunya naik mobil ini. Mobil ini mengantarkan kami ke area persawahan. Kita bisa sambil melihat-lihat pepohonan yang ada disebalah kanan kiri diarea inagro, ada pohon duren, rambutan nangka dan kebun-kebun sayuran tanaman yang lainnya.

Kegiatan lainnya masih menunggu yang  tak kalah serunya yaitu membajak sawah, kami bergiliran membajak sawah dengan bantuan tenaga kerbau, setelah itu menanam padi atau tandur ( tanam mundur) sambil main lumpur seru juga,, hehehe dan kegiatan terakhir menumbuk padi. Dengan kegiatan ini kita jadi tahu bagaimana proses nasi yang kita makan, ternyata prosesnya cukup panjang. Pak tani dan Bu tani yang melakukan kegiatan ini. Masyaa Allah ya teman-teman kita harus bersyukur, kalau makan harus dihabiskan nasinya ya agar tidak mubazir dan menghargai kerja keras para petani.

Alhamdulillah semua kegiatan telah kita lakukan, saatnya bersih – bersih dan berkumpul lagi ke aula untuk makan siang dan melaksanakan sholat dzuhur bersama. Tepat pukul 2 siang kami pulang, sambil menikmati perjalanan kami ngobrol kegiatan tadi di Inagro. Alhamdulillah asar kami sampai disekolah, ayah dan bunda sudah menunggu kami untuk menjemput.

Dengan kegiatan ini banyak sekali ilmu yang  bermanfaat yang bisa kami ambil dan tentunya kami mendapatkan pengalaman yang berharga.

Sampai jumpa dikegiatan selanjutnya…

Untuk foto-foto dapat dilihat di sini.

Artikel Lain

OUTING CLASS KELAS 3 “TAMAN SAFARI INDONESIA”

Oleh : Guru Kelas 3 Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakatuh Outing class adalah salah satu program sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 3 =