Home / YAYASAN / Pelatihan / Be A Super Teacher

Be A Super Teacher

Penulis: Siti Musriah, S.Pd.I

Pelatihan ini merupakan pelatihan motivasi yang diadakan oleh PT. Yudistira untuk semua guru dari jenjang SD sampai SMA/SMEA swasta di wilayah Bogor yang berjudul “ Be A Super Teacher”  “Membangun Karakter Guru Hebat Perancang Masa Depan Generasi Gemilang” oleh Bapak Fauzan, M.Pd., C.H, C. HT, C.NLP, C. MNLP, C. TNLP, C. BNSP.

Dalam pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi, yang pertama pelatihan motivasi menjadi “Guru Hebat” oleh Bapak Fauzan dan penjelasan tentang Y-book (Yudistira Book)

Materi sesi pertama adalah bahwa menjadi guru yang hebat adalah guru yang bisa mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara, hal ini sesuai dengan UU Sisdiknas pasal 1 ayat 1.

Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama 7 M yaitu Mendidik, Mengajar, Membimbing, Mengarahkan, Melatih, Menilai, dan Mengevaluasi pada peserta didik.

Tugas utama guru adalah mendidik yang cakupannya lebih luas, bukan hanya mentransfer ilmu saja melainkan mendidik karakter menjadi lebih baik.

Menjadi seorang guru hebat bukan sekadar menyampaikan materi, akan tetapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan sehingga akan membangun generasi yang gemilang di antaranya adalah

  1. Menjadi guru bukan sekedar profesi akan tetapi memang punya tekad dan niat yang tulus membangun dan menjadikan peserta didik yang dapat mengembangkan semua potensi yang dimilikinya.
  2. Menjadi guru yang selalu dinantikan kehadirannya karena dengan setulus hati terjun dalam dunia kependidikan membangun karakter dalam proses pentransferan ilmu.
  3. Munculkan loyalitas dan totalitas kepada peserta didik, bukan hanya energi sisa.
  4. Dalam membangun suasana kelas dalam proses pembelajaran sebaiknya mengkritik peserta didik itu adalah kritik yang membangun bukan kritik menjatuhkan dan menjadikan semua peserta didik itu merasa diutamakan (di anggap penting) dalam kelas bukan hanya peserta didik yang pintar dan selalu yang mengerjakan tugas saja.

Sesi kedua disampaikan oleh kepala cabang Yudistira Bogor yang menjelaskan keunggulan Yudistira dalam program Y-Book yang akan memudahkan guru dalam mentransfer ilmu dengan berbagai macam kegiatan yang menarik dan bervariasi.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Jazakumullah khoir untuk Yayasan Qurrota A’yun Bogor dan kepala sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menimba ilmu dan mendapatkan pengalaman baru.

Artikel Lain

Quantum Teaching Reborn

Bismillahirrohmaanirrohim Assalamu’alaikum.wr.wb Mendidik anak dapat dianalogikan seperti kita mendaki gunung, butuh persiapan, perbekalan yang cukup, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + 12 =