Home / SMPIT Kaifa / Kegiatan SMPIT Kaifa / Kegiatan PLS SMPIT KAIFA Tahun Pelajaran 2019/2020

Kegiatan PLS SMPIT KAIFA Tahun Pelajaran 2019/2020

      Keseruan PLS di SMPIT Kaifa

      TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Team Panitia PLS

PLS ( Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang bisa di sebut juga dengan MOS (Masa Orientasi Siswa), tetapi sesuai kebijakan dari Menteri Pendidikan Bapak Anies Baswedan, PLS ini tidak boleh dilaksanakan oleh kakak kelas tetapi oleh guru di sekolah yang bersangkutan.

 

Kebijakan ini memang karena dilandasi banyaknya laporan dari masyarakat yang mengatakan bahwa kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) di sekolah-sekolah selalu diwarnai dengan tindakan kekerasan, bully, pelecehan yang dilakukan oleh kakak kelas atau seniornya. Oleh karena itu sekarang dikoordinir dan dilakukan oleh guru tanpa ada campur tangan dari senior atau kakak kelasnya.

 

Di SMPIT Kaifa, kegiatan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya adalah upacara pembukaan/penyambutan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), penyambutan siswa baru, pengisian materi tentang visi dan misi sekolah, demo ekskul, dan lain lain.

Selain itu siswa baru juga diajak bersosialisasi dengan berbagai kegiatan rutin yang sudah dilakukan di SMPIT Kaifa seperti kegiatan shalat dhuha, tilawah Al Qur’an. Shalat dhuzur berjamaah, dan beberapa kegiatan osis.

Dengan cara ini diharapkan siswa baru dapat lebih mengenal, warga sekolah (Kepala sekolah, Guru, Tata usaha, Admin seklah, penjaga sekolah), serta lingkungan sekolahnya dengan baik. Sehingga siswa baru nantinya tidak canggung dan langsung akrab dengan lingkungannya.

PLS(Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)  sendiri dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari hari Senin sampai hari Rabu. Pada hari terakhir,  berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMPIT Kaifa akan di demonstrasikan kemampuannya dihadapan siswa baru.

Pada hari pertama PLS(Pengenalan Lingkungan Sekolah),SMPIT Kaifa melaksanakan beberapa kegiatan di antara lain adalah upacara penyambutan/pembukaan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), penyambutan siswa baru dan penyampaian visi dan misi sekolah.

Apa sih yang di maksud dengan kegiatan upacara penyambutan/pembukaan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), penyambutan siswa baru dan penyampaian visi dan misi sekolah?

 

 

Yang pertama kegiatan upacara penyambutan/pembukaan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah ialah kegiatan untuk melantik siswa baru menjadi peserta PLS,  PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), dan akan di meriahkan oleh beberapa guru.

Yang kedua penyambutan siswa baru, sama seperti kegiatan sebelumnya, kegiatan ini akan di meriahkan oleh beberapa guru.

 

 

 

Yang ketiga yaitu kegiatan penyampaian visi dan misi sekolah, biasanya kegiatan ini akan di gunakan untuk memperkenalkan visi dan misi SMPIT Kaifa, peraturan SMPIT Kaifa dan memperkenalkan kegiatan kegiatan yang akan datang di semester baru, seperti super camp, LDK (latihan dasar kepemimpinan), dan beberapa kegiatan lainnya.

Di hari kedua MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), para siswa baru akan melaksanakan kegiatan materi materi yang akan di bawakan oleh beberapa guru, lalu akan di perkenalkan kepada tim osis SMPIT Kaifa.

Di hari ketiga PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMPIT Kaifa para siswa baru akan di suguhkan dengan tampilan-tampilan perbidang ekstrakurikuler.

 

Kegiatan estrakurikuler yang di demonstrasikan saat PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), di SMPIT Kaifa kegiatan ini akan di meriahkan oleh kegiatan pramuka, tampilan dari bela diri karate, taekwondo, dan aikido, dan sambutan sambutan meriah dari guru guru.

Cara ini untuk menjaring minat dan bakat siswa baru terhadap ektrakurikuler yang ada di SMPIT Kaifa. Sebenarnya masih banyak ekstrakurikuler lain seperti futsal, KQLC, Bahasa Jerman dan lain lain.

Mudah-mudahan kegiatan ini akan memberikan kesan yang mendalam kepada peserta didik baru bahwa belajar di sekolah yang baru itu menyenangkan.

 

 

 

Artikel Lain

Friday Letter SMPIT Kaifa periode 22 Februari 2020 – 28 Februari 2020

Berikut ini adalah Friday Letter untuk SMPIT Kaifa periode 22 Februari 2020 – 28 Februari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + seven =