Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Kegiatan Pemotongan Hewan Qurban SIT Kaifa 1440 H

Kegiatan Pemotongan Hewan Qurban SIT Kaifa 1440 H

Idul Adha merupakan salah satu dari dua hari raya besar umat Islam yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Idul Adha juga biasa disebut sebagai Hari Raya Qurban atau Hari Raya Haji. Hal tersebut dikarenakan, pada hari raya tersebut, dilakukan pemotongan hewan berupa sapi, kambing, domba, atau unta yang disebut sebagai Qurban dan juga karena adanya pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Mekkah.

Pada tahun ini, tepatnya tahun 2019 Masehi atau tahun 1440 Hijriah, SIT Kaifa menyelenggarakan kegiatan Qurban bertempat di SMPIT Kaifa pada tanggal 12 Agustus 2019 atau 11 Dzulhijjah 1440 H. Dua hari sebelumnya, yaitu di hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019, terselenggara kegiatan Drama Qurban di SDIT Kaifa. Drama tersebut berjudul. “Asal Mula Qurban” yang bercerita tentang kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail, sebagai tanda ketaatan dan kecintaannya kepada Allah SWT. Pemeran dalam drama itu adalah beberapa guru ikhwan dan guru akhwat SDIT Kaifa serta anak-anak kelas 4 sampai kelas 6. Tujuan dalam drama ini, agar anak didik dapat memahami apa makna dari Idul Adha atau Idul Qurban ini.

Penyembelihan qurban dilakukan pada hari Senin, 12 Agustus 2019, bertempat di SMPIT Kaifa, dari infaq kegiatan siswa, shohibul qurban, dari orang tua siswa/I juga beberapa guru/karyawan Kaifa. Tahun ini Kaifa bisa mengumpulkan 3 sapi dan 15 kambing. Kegiatan penyembelihan hewan qurban ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan siswa/I SMPIT Kaifa dari sejak pagi sampai pendistribusian kepada warga : Nyamplung, Sirnasari Atas, Alam Tirta Lestari, Bukit Asri, Sirnaraga, dan Griya Asri sebanyak 650 kantong. Sebelum dibagikan, kita mendapat Taushiyah Qurban yang disampaikan oleh Ustadz Taufik.

Alhamdulillah, acara kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar, tanpa kendala apapun dan selesai kurang lebih pada pukul 15.00. Terselenggaranya kegiatan ini, tidak lepas dari dukungan para donatur yang mempercayakan hewan kurbannya di SIT Kaifa. Semoga amal ibadahnya diterima dan diberikan pahala yang terbaik oleh Allah SWT. Aamiin ya Rabb..

Dokumentasi bisa dilihat disini.

Artikel Lain

OUTING CLASS 5 SDIT KAIFA KE PPIPTEK DAN SKYWORLD

Oleh: Imas Marwati S.Pd.I dan Siti Aminah, S.Pd.I (Walas Kelas 5) Outing class merupakan salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − two =