Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Pramuka SDIT Kaifa ikut serta dalam Diklat Garuda Siaga Kwarcab Kabupaten Bogor

Pramuka SDIT Kaifa ikut serta dalam Diklat Garuda Siaga Kwarcab Kabupaten Bogor

SDIT Kaifa adalah salah satu sekolah dasar yang mengikuti kurikulum JSIT, yang mana dalam kurikulum tersebut Pramuka di jadikan kegiatan ekstrakulikuler wajib. Karena kita mengikuti kurikulum JSIT maka gugus depan SDIT Kaifa termasuk dalam wadah satuan komunitas (Sako) JSIT.

Pramuka SDIT Kaifa juga aktif mengikuti kegiatan Pramuka Tingkat KwarCab Kabupaten Bogor yang dimana kita mengikuti kegiatan salah satunya Siaga Garuda di Bumi Perkemahan Cimandala Selasa 13 Agustus 2019. Adapun Peserta yang diikutkan berjumlah 4 orang yaitu Ananda Noura, Adinda, Rizqi dan Reyhan.

Pramuka garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan pramuka (pramuka siaga, penggalang, penegak, dan pandega). Dalam hal ini Garuda yang dikirimkan adalah tingkatan siaga. Pemilihan Calon-calon garuda ini dilakukan melalui seleksi pengamatan Pembina pramuka selama kegiatan latihan pramuka dan dibantu oleh guru-guru kelas yang dimana kemampuan dalam pramuka serta pencapaian anak dalam pramuka diamati berdasarkan SKU dan SKK yang mereka capai selama kegiatan pramuka.

Selama mengikuti Diklat Garuda Siaga, calon-calon Siaga mengikuti berbagai rangkaian acara apel siaga, base method, pentas seni, dan inagurasi siaga garuda. Seluruh peserta apel berkumpul dengan calon-calon siaga garuda Se-Kabupaten Bogor. Anak-anak pun disana di bagi perbarung dengan beda-beda daerah karena tujuannya agar bertambah teman. Setelah Apel Siaga kegiatan-kegiatan dilanjutkan dengan based method seperti pos keagamaan, pos tali temali, pos PBB, pos PHBN, dan pos lagu kebangsaan. Semua kegiatan diikuti dengan baik karena dengan melewati kegiatan ini anak-anak bertambah akan keterampilan dan pengetahuannya.

Setelah selesai mengikuti kegiatan based method anak-anak diberikan pembekalan berupa keterampilan komputer dan sebagian peserta lain menampilkan seni budaya mewakili kwarannya. Adapun dari SDIT Kaifa menampilkan Taekwondo yang dibawakan oleh Ananda Rizqi dan Ananda Noura.

Usai semua kegiatan dilakukan acara berlanjut dengan Inagurasi Pelantikan Siaga Garuda yang di pimpin oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, seluruh peserta bergilir dengan diberikannya kalung medali garuda yang menandakan bahwa anak tersebut sudah lulus dalam diklat garuda ini.

Semoga dengan mengikuti kegiatan siaga garuda anak-anak lebih mandiri dan terampil dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki karakter serta akhlak yang baik. Salam Pramuka!! Allahu Akbar

Foto kegiatan lainnya dapat dilihat di sini.

 

Artikel Lain

SEMARAK PERINGATAN HUT KE-74 RI di SIT KAIFA CIOMAS

Oleh : Panitia HUT RI Kaifa Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 12 =