Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Semangat Muharram untuk Menyiapkan Generasi Qurani

Semangat Muharram untuk Menyiapkan Generasi Qurani

Oleh : Ine Indriani

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Sholawat serta salam mari kita curah limpahkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW. Rasulullah SAW menyebut bulan Muharram menjai bulan yang istimewa untuk memperbanyak amalan ibadah.

Allah SWT menjelaskan dalam Al Quran, bahwa telah menjadikan bulan Muharram sebagai salah satu dari empat bulan yang disucikan.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (Ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa” (QS. At-Taubah : 36)

Jumat, 30 Agustus 2019 SDIT Kaifa mengadakan kegiatan Tarhib Muharram untuk menyambut Tahun Baru Islam, diawali dengan sholat dhuha bersama-sama dilapangan serta penyampaian tausiah yang disampaikan oleh Ust. Budi Supriadi, S.Pd.I. Beliau menyampaikan bahwa “Bulan Muharram ini adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan, pada tahun yang baru dengan semangat baru, maka marilah kita berhijrah untuk menjadi insan yang lebih baik lagi”.

Menyambut Tahun Baru Hijriah, siswa dan siswi SDIT Kaifa tumpah ruah dalam acara pawai tarhib Muharram. Seluruh siswa yang berjumlah kurang lebih 480 berkumpul di lapangan utama sebagai lokasi awal Pawai Tarhib Muharram, semuanya bersiap-siap berbaris rapih sesuai dengan level kelasnya masing-masing bersama dengan guru-guru. Anak-anak berjalan menggunakan pakaian muslim berwarna putih sambil mengenakan atribut yang dipakainya seperti mahkota dikepalanya, sarung yang dipakai dengan diselendangkan di lehernya dan tangannya, sambil membawa poster Tarhib Muharram yang diiringi dengan musik nasyid tentang Muharram. Pawai Tarhib Muharram ini menelusuri jalan Ciburial sampai Pintu Ledeng dan kembali lagi ke sekolah.

Pawai Tarhib Muharram ini bertema ”Semangat Muharram untuk Menyiapkan Generasi Qurani”. Berdasarkan temanya, pawai Tarhib Muharram ini diharapkan agar para siswa memiliki rasa kepedulian terhadap sesama muslim serta orang-orang  yang ada disekitar, seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi dari SDIT Kaifa yang memberikan kartu ucapan bertuliskan Happy Islamic New Year 1441 H, besrta atribut yang mereka bawa. Hal ini adalah sebagai bentuk rasa peduli kita terhadap orang-orang yang ada disekitar  selain itu kita juga dapat mempererat tali silaturahim dengan masyarakat yang ada di dekat lingkungan sekolah.

Pada kegiatan tarhib ini siswa-siswi SDIT Kaifa mengikuti berbagai macam lomba yang diadakan di sekolah seperti :

  1. Lomba Kaligrafi
  2. Lomba DACIL
  3. Lomba Tahsin
  4. Lomba Tahfidz, dan
  5. LCC

Semoga dengan acara Tarhib Muharram ini anak-anak dapat lebih memahami pentingnya peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dan dapat mengambil hikmahnya. Begitu juga semoga ikatan tali ukhuwah antara SIT Kaifa dengan masyarakat sekitar dapat terjalin dengan baik.

Sekian dari penulis, mohon maaf jika ada salah kata, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Foto-foto kegiatan lainnya dapat di lihat di sini.

Artikel Lain

Kegiatan Pemotongan Hewan Qurban SIT Kaifa 1440 H

Idul Adha merupakan salah satu dari dua hari raya besar umat Islam yang diperingati setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 3 =