Home / YAYASAN / Pelatihan / STORY TELLING WORKSHOP

STORY TELLING WORKSHOP

Oleh : Muhammad Asrori

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah ‘ala bini’matil iimani wal islam, washolatu wassalamu ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi washohbihi ajma’in amma ba’du.

Segala puji hanya milik Allah, marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Sholawat beserta salam, marilah kita curah limpahkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW.

Sabtu, tanggal 24 Agustus 2019 saya mengikuti STORY TELLING WORKSHOP menceritakan Al-Qur’an bersama Pendongeng dan Trainer Nasional bernama ka Ojan yang diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai daerah. Saya mewakili SDIT KAIFA Bogor.

Bercerita adalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya). Tujuan workshop tersebut guna untuk menceritakan Al – Qur’an dengan baik dan menarik, selain itu juga sebagai sarana untuk berkomunikasi antara orang tua dan anaknya, guru dengan peserta didiknya, untuk pengasuhan atau pengajaran terhadap anak-anaknya dirumah atau peserta didik disekolah.

Kenapa kita harus bercerita?

  1. Untuk melatih kemampuan mendengarkan ( not hearing but listening )
  2. Meningkatkan kemampuan berbahasa dan minat baca
  3. Mengasah Imajinasi

Karena bercerita itu mampu merangsang kecerdasan serta melatih karakter dan kompetensi  serta membangun kedekatan antara orang tua atau guru dengan anaknya.

Naaah kalau ini berceritanya beda, karena mencerikan tentang Al-Qur’an dan berisi banyak sekali tentang cerita. Bahkan dalam Al-Qur’an terdapat perintah Allah untuk menceritakannya. Sebagai kebutuhan serta ketersediaan kita selaku orang tua dalam menanamkan kecintaan kepada Al-Qur’an.

Apa saja yang bisa diceritakan?

Tentunya banyak sekali, salah satu diantaranya adalah tentang kisah dalam Al – Qur’an, Asbabun nuzul suatu ayat/surah, menjelaskan maksud ayat dengan perumpamaan, peristiwa yang berkaitan dengan suatu ayat/surah, dan lain sebagainya.

Dalam workshop tersebut diajarkan bagaimana menceritakan, prinsip-prinsip dalam bercerita, bahkan sampai ke teknik bercerita.

Penasaran kaaaan??? Ayo ikuti pelatihannya dengan saya, atau bisa langsung dengan masternya. Hehe

Demikian cerita singkat ini, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

 

Artikel Lain

MILAD ke-16 JSIT Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 19 =