Home / YAYASAN / Pelatihan / Quantum Teaching Reborn

Quantum Teaching Reborn

Bismillahirrohmaanirrohim
Assalamu’alaikum.wr.wb

Mendidik anak dapat dianalogikan seperti kita mendaki gunung, butuh persiapan, perbekalan yang cukup, fisik yang prima dan kekuatan niat untuk mendaki. Begitu pula dengan mengajar. Kita membutuhkan banyak persiapan agar guru mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa yaitu hadirnya generasi yang cerdas cendikia. Dalam persiapannya kita butuh waktu yang panjang, istiqomah, dan perlu kesabaran. Oleh karena itu, kami, Yantie Isnanty M., M.Pd dan Dhini Sugiri, S.Pd, diamanahkan untuk mengikuti Pelatihan Quantum Teaching Reborn yang diselenggarakan oleh Yayasan Ummul Quro Bogor pda tanggal 30-31 Agustus 2019 yang bertempat di gedung yayasan Ummul Quro Bogor.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah materi Quantum Teaching yaitu asas dan prinsip Quantum Teaching yang secara gamblang dijelaskan oleh Pak Eman Sulaeman, S.Sos.I. Selanjutnya mengenal Modalitas Belajar yaitu cara termudah menyerap informasi, interaksi, dan komunikasi baik secara visual, auditory, dan kinestetik yang disampaikan dengan presentasi yang menarik disertai dengan cuplikan film dan lagu. Yang tak kalah menariknya adalah materi tentang Multiple Intelengensi yang disampaikan oleh Ibu Shintawati, M.Pd. Materi ini mengenal berbagai kecerdasan yang dimiliki oleh anak yan perlu diketahui oleh guru, demikian juga oleh orang tua agar dapat mengapresiasi setiap kecerdasan yang dimiliki setiap anak.

Kemudian materi tentang Orkestra Suasana yang perlu disiapkan oleh guru sebelum mengajar di kelas. Dibutuhkan kekuatan niat, melibatkan emosi, menjalin rasa simpati, memiliki rasa memiliki, mengambil risiko dan keteladanan. Terakhir tentang pendekatan pembelajaran TANDUR yang dimodifikasi dengan pembelajaran SIT yaitu pendekatan TERPADU dimana JSIT menempatkan nilai-nilai dalam pembelajaran baik duniawi maupun ukhrowi. Semoga ilmunya bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam KBM di SIT Kaifa.. Aamiin

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Penulis : Yantie Isnanty M., M.Pd & Dhini Sugiri, S.Pd

Artikel Lain

MILAD ke-16 JSIT Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 − three =