Home / SMPIT Kaifa / Kegiatan SMPIT Kaifa / OUTING CLASS SMPIT KAIFA

OUTING CLASS SMPIT KAIFA

Outing class merupakan salah satu program sekolah yang  membawa siswa untuk belajar diluar kelas yang tujuannya adalah mengenalkan kepada siswa berbagai pengalaman unik dan menarik seputar materi pembelajaran sehingga para siswa dapat merasakan keceriaan dan kegembiraan serta pengalaman yang menyenangkan selama belajar di luar sekolah.

Alhamdulillah pada tanggal 29 Januari 2020 SMPIT KAIFA telah melaksanakan outing class ke PPIPTEK, Museum Indonesia dan Bayt Alquran yang bertempat di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Kami berkumpul di kecamatan ciomas pada jam 05.30 WIB pagi, sebelum berangkat Bapak Kepala Sekolah menyampaikan pengarahan dan berdoa terlebih dahulu agar semua terkordinasi dengan baik.

Setelah Bapak Kepala Sekolah memberi arahan, kami pun berangkat ke Taman Mini Indonesia Indah. Tiba di TMII pada pukul 07:00 WIB, kami pun shalat dhuha terlebih dahulu di musholla dekat lahan parkir PPIPTEK.

Dan kami pun langsung masuk ke PPIPTEK disambut oleh para guide yang sangat ramah, mereka memandu kami dari awal hingga akhir dengan penuh keceriaan.

Di PPIPTEK kami banyak belajar mengenai macam – macam teknologi yang diciptakan oleh manuisa, dari teknologi yang sangat sederhana hingga teknologi paling canggih pada saat ini.

 

PP IPTEK yang dikelola oleh Dikti Ristek ini ternyata menarik. Banyak peragaan sains di PP IPTEK yang mempunyai 2 lantai yang besar ini. Kami bisa belajar ilmu-ilmu dasar sains seperti biologi, fisika, kimia, dan matematika. Selain itu juga sains dan teknologi terapan.

PP IPTEK memberikan fasilitas lengkap untuk belajar tentang gempa dan tsunami. Semua dikupas secara mendetail, bahkan alat peraganya sangat ideal untuk memberikan gambaran bagaimana gempa dan tsunami bisa terjadi.

Setelah puas belajar di PPIPTEK kami pun istirahat makan siang dan shalat dzuhur di Masjid Pangeran Diponegoro. Dan kami pun segera bergegas ke Museum Indonesia. Di Museum Indonesia kami mengenal dan belajar sejarah berbagai macam kebudayaan, pakaian adat, dan alat musik di Indonesia.

  

Dari museum Indonesia, kami ke tempat tujuan terakhir Outing Class yaitu Bayt Al Quran. Museum Bayt Al-Qur’an yang berarti rumah Al-Qur’an dengan materi pokok berupa peragaan yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Tempat ini berada di atas sebidang tanah dengan luas 20.013 m2 yang terbuka untuk umum bersamaan dengan saat peresmian oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1997.
Museum ini mempunya tujuan untuk menampilkan Islam sebagai pemersatu bangsa dari berbagai etnik di Indonesia dengan menampilkan ajaran budaya Islam Indonesia yang berkualitas dan kreatif dalam upaya untuk memantapkan jati diri bangsa, menampilkan wajah Indonesia yang mempunyai penduduk muslim terbesar di dunia dalam peraturan internasional melalui kajian sejarah perkembangan ajaran Islam dan implementasinya dalam seni dan budaya, menyampaikan makana yang lebih mendalam tentang tentang ajaran Islam dan karakter kebudayaannya yang bersifat terbuka, otentik, toleran, progresif dan cosmopolitan, dan sebagai pemicu untuk pengkajian ajaran dan kebudayaan Islam secara khususnya di Indonesia dan umumnya di Asia Tenggara.

       

Alhamdulillah kegiatan outing kami selesai ba’da Ashar dan kami segera bergegas kembali pulang ke bogor.

Artikel Lain

Friday Letter SMPIT Kaifa periode 22 Februari 2020 – 28 Februari 2020

Berikut ini adalah Friday Letter untuk SMPIT Kaifa periode 22 Februari 2020 – 28 Februari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − three =