Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Dauroh Al Quran Virtual Kelas 4 SDIT Kaifa

Dauroh Al Quran Virtual Kelas 4 SDIT Kaifa

Oleh : Panitia Dauroh

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah yang telah memberikan banyak nikmat kepada kita tanpa dapat menghitungnya. Terutama nikmat iman dan Islam. Sholawat dan salam tidak pernah kita lupa untuk Qudwah Hasanah yakni Manusia Agung Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat, tabiin yang dengan dakwah mereka alhamdulillah kita bisa merasakan manisnya iman Semoga kita bisa istiqomah dalam mengikuti mereka  sampai akhir hayat. Aamiin

Alhamdulillah, Dauroh Qur’an (DQ) Kelas 4 yang dilaksanakan pada jumat-sabtu 6-7 November 2020 bisa terlaksana dengan baik dan kita yakini ini semua adalah berkat doa, dukungan para pimpinan yayasan, para pembina, kerjasama yang baik antar guru-guru qur’an dan juga para orang tua siswa yang telah memfasilitasi ananda dalam keikutsertaanya di acara ini. Sehingga Allah SWT mempermudah langkah kita dalam melaksanakan program ini meskipun dilaksanakan secara online.

Alhamdulillah, proses perjalanan DQ diawali dengan pembukaan oleh Pak Fazri selaku MC cukup baik dengan performa yang prima. Pembukaan dilanjutkan dengan tilawah dan sari tilawah oleh siswi-siswi kelas 4 yakni ananda Andien dan ananda Nazia yang membuat acara DQ ini semakin di ridhoi Allah SWT. Selanjutnya acara sambutan oleh Ustadz Taufik Aziz selaku Kepala Sekolah SDIT Kaifa sekaligus meresmikan acara DQ dengan membaca kalimat thoyyibah “Bismillahirrahmanirrohim” agar dengan kalimat ini setiap rangkaian acara diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Rangkaian acara tersebut dilaksanakan dengan media Zoom.

Sesi pertama acara DQ selanjutnya yaitu uraian materi dari Ustadz Ahmad Munawir (Guru Quran SMPIT Kaifa) dengan ilmu yang dibawanya beliau memberikan pengetahuan, nasihat dan motivasi kepada peserta DQ agar selalu semangat dalam mempelajari dan menghafalkan Al Qur’an dengan manajemen waktu yang baik dan tips-tips yang dipaparkan pada sesi tersebut. Setelah beristirahat selama setengah jam, peserta kami ajak kepada dinamika kelompok yang didalamnya adalah kegiatan belajar tahsin dan menambah hafalan mereka.

Selepas ibadah sholat jumat dan makan siang, peserta kembali kami kumpulkan perkelompok untuk menyetorkan hafalannya.

Disela-sela tugas menghafalnya, untuk menghibur peserta agar tidak jenuh kami membuatkan acara lomba. Adapun lomba yang disediakan adalah Menceritakan Kisah Sahabat Nabi, Hafalan Juz 30 dan 29. Alhamdulillah ketiga lombatersebut mendapatkan sambutan yang sangat baik dan antusias dari para peserta, dan para pemenang kami apresiasi dengan hadiah yang sudah kami siapkan dan diantarkan ke rumah para pemenang.

Acara DQ selanjutnya ba’da maghrib kami adakan murojaah gabungan via Zoom untuk mereview hafalan peserta yang dibimbing oleh guru quran SDIT Kaifa Ustadz Fazri dan Ustadz Itsan. Pada sepertiga malam peserta kami bimbing untuk bangun malam dan sholat tahajud dengan tujuan peserta bisa membiasakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan ini. Alhamdulillah respon orang tua dan peserta sangat baik. Banyak orang tua yang mengabadikan anak-anaknya yang sedang sholat malam. Berlanjut seusai sholat subuh acara kami lanjutkan untuk mendengarkan tausiyah oleh Ustadz Fajar Yasin (Guru Quran SDIT Kaifa) dengan media Zoom

Sesi terakhir di acara ini kami ajak peserta untuk olahraga bersama via Zoom dengan instruktur Ustadz Budi Supriadi dan dilanjutkan dengan membacakan pemenang lomba, sekaligus menutup acara ini dihadapan peserta dengan ucapan terima kasih, hamdalah dan doa kafarotul majlis.

Artikel Lain

Dauroh Al Quran Virtual SDIT Kaifa

Oleh : Guru Al Quran SDIT Kaifa Assalamu’alaikum.Wr.Wb. Segala puji hanya milik Allah SWT… Sholawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + sixteen =