Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / SDIT KAIFA KEMBALI MENGIKUTI KEGIATAN TAPAKAN PRAMUKA GARUDA VIRTUAL DI KWARCAB KABUPATEN BOGOR

SDIT KAIFA KEMBALI MENGIKUTI KEGIATAN TAPAKAN PRAMUKA GARUDA VIRTUAL DI KWARCAB KABUPATEN BOGOR

Oleh : Tim Pramuka SDIT Kaifa

Assalamualaikum wr.wb

Salam Pramuka !!!!!
Allahu Akbar

Alhamdulillah atas segala nikmat dan karunia yang Allah SWT berikan kepada kita semua, sehingga Tim Pramuka SDIT Kaifa kembali membawa Anggota Siaga untuk mengikuti Tapakan Pramuka Garuda Virtual di Kwarcab Bogor Tahun 2020. Adapun peserta tahun ini yang diikutsertakan berjumlah 3 orang, diantaranya Syabil Haddad Aziz, Zara Qisha Efyna Gunawan, dan Rayana Sentosa.

Sebagai informasi, walaupun di masa pandemi covid-19 Gerakan pramuka kwartir cabang Kabupaten Bogor (Kwarcab) tetap mengadakan kegiatan tapakan pramuka garuda secara virtual golongan siaga pada Rabu, (28/10/2020) dengan menggunakan prosedur protocol kesehatan. Kegiatan yang berlangsung bersamaan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diadakan di Pusat Gedung Graha Pandu dan peserta mengikuti secara virtual di kwartir Rantingnya (kwarran) masing-masing. Kegiatan ini diikuti oleh 56 orang Pramuka siaga utusan Kwartir ranting. Sebelum mengikuti Tapakan Pramuka Garuda Virtual, Peserta sudah dilakukan verifikasi berkas persyaratan Pramuka Siaga garuda pada 24-25 Oktober 2020.

Alhamdulillah…. Pramuka SDIT Kaifa bukan pertama kali ikut Garuda Siaga, akan tetapi tahun lalu sebelum pandemic juga telah mengikuti dengan berbagai rangkaian acara apel siaga, base method, pentas seni, dan inagurasi. Walaupun tahun ini tak sama seperti tahun lalu, namun acara tak kalah seru karena semua peserta di ajak berperan aktif dalam rangkaian acara.

Kegiatan virtual yang berlangsung di tiap-tiap kwarran (kwartir ranting /organisasi pramuka tingkat kecamatan) dengan prosedur protocol kesehatan,  adik-adik siaga mengikuti dengan sangat antusias seperti acara pembukaan, pengecekan seragam pramuka siaga, pembacaan sumpah pemuda yang di pimpin oleh kak Nindy dan kak Slamet selaku moderator dari virtual meeting di kwarcab (kwartir cabang/organisasi pramuka tingkat kabupaten), kegiatan tepuk-tepuk pramuka ceria, membuat kreasi dari kertas origami, Pelafalan doa-doa harian dan penutup. Kakak penguji di virtual meeting menyampaikan resume di kegiatan penutup sekaligus menyampaikan makna bahwa tujuan adik-adik siaga ini mengikuti pramuka garuda bukan hanya sekedar gelar garuda yang sudah diraih akan tetapi makna yang sudah didapatkan hari ini dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari dan menjadi teladan anggota pramuka lainnya. Diantaranya Permainan puzzle, pesan yang tersirat bahwa adik-adik dalam setiap mencapai tujuan yang diinginkan perlu ketelitian dan kesabaran, Pelafalan doa sehari-hari seperti doa bangun dan mau tidur dan doa yang lain-lain dimaknai bahwa kalau kita sebagai umat islam wajib bagi kita dalam setiap kegiatan diawali dengan doa karena dengan doa kita meminta perlindungan kepada Allah dan kelancaran setiap aktivitas kita. Serta kegiatan pengecekan seragam pramuka yang tersirat pesan bahwa sebagai anggota pramuka itu kita wajib rapi di manapun berada, disiplin akan aturan dan kebiasaan-kebiasaan karakter itu jika sudah terpola secara terus menerus akan menjadi kebiasaan baik yang juga menjadi manfaat bagi adik-adik semua.

Rangkaian Tapakan Garuda siaga yang sudah berlangsung hari tadi belum usai, karena nanti 10 November 2020 akan dilakukan Inagurasi Pelantikan Siaga Garuda yang dipimpin oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, Seluruh peserta nanti akan di sempatkan kalung medali garuda dan sertifikat sebagai tanda bahwa anak siaga tersebut sudah lulus dalam diklat garuda tersebut.

Beberapa kegiatan pramuka banyak jenisnya bahkan dapat kita ikuti sampai tingkat dunia, namun harapan kakak-kakak Pembina kepada kalian anggota pramuka baik siaga ataupun penggalang ikuti kegiatan pramuka dengan baik dan semangat karena jika kalian terpilih diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan di luar sekolah akan banyak manfaat karena dengan kegiatan kepramukaan adik-adik dapat melatih karakter dan akhlak serta menambah wawasan serta keterampilan sejak dini.

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

Artikel Lain

Dauroh Al Quran Virtual SDIT Kaifa

Oleh : Guru Al Quran SDIT Kaifa Assalamu’alaikum.Wr.Wb. Segala puji hanya milik Allah SWT… Sholawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 6 =