Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / KHATAMAN DAN IMTIHAN AL QUR’AN METODE UMMI SIT KAIFA 2021

KHATAMAN DAN IMTIHAN AL QUR’AN METODE UMMI SIT KAIFA 2021

Bogor, 6 Maret 2021 – Imtihan dan Khotaman merupakan bentuk rasa syukur dan pelaporan secara langsung dan nyata kualitas hasil pembelajaran Al Qur’an siswa-siswi SIT Kaifa kepada orang tua wali murid.  Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan oleh SIT Kaifa sejak 7 tahun lalu. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, khataman kali ini diadakan secara online seperti yang dikatakan oleh kepala sekolah SDIT Kaifa Ust. Taufik Aziz, S.S. dalam laporannya “Pandemi bukan menjadi penghalang, Alhamdulillah Kaifa masih bisa melaksanakan kegiatan khataman dengan meluluskan 166 peserta SDIT dan SMPIT Kaifa tingkat kategori Tartil, Juz 30, Juz 29, Juz 28, Juz 1, dan Juz 2. Peserta Khataman telah melewati 2 kali tes yaitu Pra Munaqosyah dan Munaqosyah.”

Acara dimulai dengan pembukaan dan prosesi khataman. Prosesi khataman merupakan kegiatan membaca Al Qur’an secara bersama-sama oleh seluruh peserta dimulai dari Qs. Al Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek juz 30 Qs. At Takatsur sampai dengan Qs. An Naas, kemudian Qs. Al Fatihah dan Qs. Al Baqarah ayat 1-5, dan ditutup dengan doa Khotmil Qur’an. Setelah prosesi khotaman kegiatan dilanjutkan dengan penyampain laporan oleh kepala sekolah SDIT Kaifa yaitu Ust. Taufik Aziz S.S.

Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi Imtihan dan tanya jawab oleh public yang dipandu langsung dari Ummi Foundation oleh Ust. Baehaqi dan dari Ummi Daerah oleh Ust. Mukhlis. Tanya jawab seputar kategori tartil dan tahfidz, peserta yang akan ditanya dipilih secara acak oleh pemandu khataman, orang tua dan tamu undangan. Alhamdulillah setiap peserta yang ditanya bisa menjawab dengan benar, lancar dan lantang. Kemudian pada penghujung prosesi imtihan seluruh peserta diberikan waktu untuk menemui kedua orang tua masing-masing  untuk meminta doa restu agar menjadi anak yang sholeh dan sholihah, sukses, dan berguna bagi agama. Mendadak seisi ruangan studio dan ruang zoom menjadi suasana yang mengharu biru. Para peserta khataman menangis dalam pelukan orang tuanya masing-masing. Permohonan doa restu para peserta kemudian disambut para orang tua dengan pelukan kasih sayang dan pesan-pesan motivasi agar ilmu yang telah diperoleh menjadi manfaat bagi umat di kemudian hari.

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh perwakilan wali murid SIT Kaifa yaitu orangtua dari Ananda Razan (SD) dan Ananda Muti (SMP). Kemudian Sambutan oleh Bapak Camat Ciomas Bogor dan terakhir sambutan dari Ummi Foundation oleh Ust Yusuf, M.Pd. sebagai Manager Penjamin Mutu Ummi Foundation. Kemudian acara pemberian sertifikat secara simbolis dan pengumuman peserta terbaik serta pemberian hadiah peserta terbaik.

Kemudian penampilan video pembelajaran Al Qur’an di SIT Kaifa dan video tampilan cover lagu Mahkota Cahaya. Acara ditutup dengan do’a oleh Ust Abdurrahman, S.Pd.I. selaku Pembina Ummi Daerah Bogor dan Ka. Unit Al Qur’an SIT Kaifa.

Akhirul kalam kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi pada acara khotaman dan imtihan SIT Kaifa tahun ini sehingga acara bisa berjalan dengan lancar.Kami juga memohon maaf atas kekurangan selama persiapan  dan juga pelaksanaan kegiatan ini.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Artikel Lain

SERUNYA DAUROH MUNAQOSYAH SMP IT KAIFA TP. 2020/2021

“Hidup Mulia Bersama Al Quran” Oleh : M. Asep Syaepudin Alhamdulillah, puji dan syukur atas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × two =