Home / SMPIT Kaifa / Kegiatan SMPIT Kaifa / Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah atas ni’mat yang telah Allah SWT karuniakan sehingga kita bisa bertemu kembali dengan bulan yang mulia karena dalam bulan ini 14 abad yang lalu telah dilahirkan sosok istimewa nan mulia bisa membawa ummatnya dari zaman jahilliyah menuju era islamiyyah. Sosoknya yang sebagai makhluk yang sangat terpuji beliau adalah Nabi Muhammad SAW. Pantaslah sebagai umat yang sangat mencinta Rasulullah mengikuti semua sunnah dan perintahnya.

Sebagai bentuk kecintaan terhadap Rasul, SMPIT KAIFA mengadakan perayaan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dengan tema “Menumbuhkan Cinta Meneladani Rasul yang Mulia”. Acara ini adalah acara rutin yang dilaksanakan oleh mayoritas kaum muslimin untuk mengingat, mengahayati dan memuliakan kelahiran Rasulullah. Menurut catatan Sayyid al-Bakri, pelopor pertama kegiatan maulid adalah al-Mudzhaffar Abu Sa`id, seorang raja di daerah Irbil, Baghdad.

Peringatan maulid pada saat itu dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan berkumpul di suatu tempat. Mereka bersama-sama membaca ayat-ayat Al-Qur’an, membaca sejarah ringkas kehidupan dan perjuangan Rasulullah, melantuntan shalawat dan syair-syair kepada Rasulullah serta diisi pula dengan ceramah agama. [al-Bakri bin Muhammad Syatho, I`anah at-Thalibin, Juz II, hal 364].


Berdasarkan dalil tersebut kegiatan ini di adakan di lingkungan SMPIT KAIFA di mulai dengan Pembiasaan Ibadah berupa  Shalat Dhuha dan Asmaul Husna dilanjutkan dengan Pembacaan Shalawat Maulid Nabi yang dipandu Oleh Ust Rapid kemudian acara dibuka oleh MC dilanjutkan dengan Ceramah Agama Oleh Ust Abdurrahman, S.Pd.I.

Selain Mutiara Maulid yang disampaikan dalam acara maulid ini juga terdapat Penampilan Siswa diantaranya : Dai yang dibawakan Oleh Ananda Salman Khalid dan Puisi tentang Maulid Rasul yang disampaikan Oleh Ananda Reva Adalati. Acara ini dilaksanakan secara offline di sekolah dan online di zoom.

Semoga dengan perayaan Maulid Nabi dilingkungan SMPIT KAIFA ini Menjadikan Siswa Lebih Memahami Karakter Baginda Nabi Muhammad yang Mulia dari Akhlaknya dan bisa Mengamalkan dalam kehidupan Sehari – hari.

 

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyida Muhammad.

Wassalamu alaikum wr, wb,

Artikel Lain

SERUNYA DAUROH QUR’AN KELAS 7 & 8 SMP IT KAIFA “Al Quran Penerang Hidupku”

Alhamdulillah, puji dan syukur atas segala ni’mat yang Allah berikan sehingga di masa pandemi  ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 2 =