Home / SMPIT Kaifa / Kegiatan SMPIT Kaifa / SERUNYA DAUROH QUR’AN KELAS 7 & 8 SMP IT KAIFA “Al Quran Penerang Hidupku”

SERUNYA DAUROH QUR’AN KELAS 7 & 8 SMP IT KAIFA “Al Quran Penerang Hidupku”

Alhamdulillah, puji dan syukur atas segala ni’mat yang Allah berikan sehingga di masa pandemi  ini SMPIT Kaifa masih bisa melaksanakan kegiatan Dauroh Al Quran Kelas 7 & 8 yang berjumlah 50 peserta. Sholawat dan salam semoga tercurah pada junjungan alam Nabi Muhammad SAW.

Program Dauroh Al Qur’an merupakan program rutin yang dilaksanakan di setiap kelas SMPIT Kaifa. Sebagai program penunjang atau pendukung dalam pembelajaran Al Quran di SMPIT Kaifa sebagai sekolah yang fokus terhadap Al Quran.

Kegiatan Dauroh Qur’an ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 Oktober 2021 secara offline dan online dengan media WAG dan Zoom. Kegiatan ini berisi penyampaian materi Tahsin dan Turjuman yang disampaikan oleh Ust. Asep dan Ust. Munawir.

Penyampaian materi tahsin sangat penting untuk penguatan dan penjagaan ketartilan bacaan siswa/i SMPIT Kaifa . Sedangkan materi Turjuman disampaikan sebagai pengenalan yang Insya Allah menjadi Program lanjutan untuk siswa/i yang sudah khotaman tartil.

 

Selain kegiatan penyampaian materi di atas, para peserta juga dikuatkan untuk menjaga hafalannya dengan memuroja’ah dan  ziyadah hafalan. Kegiatan pada malam hari diisi dengan sapa pembina, Motivasi Al Quran oleh Ustazhah Wardah dan diakhiri dengan muhasabah. Esoknya para peserta bangun sekitar pukul 03.30 WIB untuk melaksanakan Shalat Tahajjud, tilawah dan muroja’ah. Setelah sholat shubuh peserta diminta menyimak kuliah shubuh dan lembar evaluasi dari materi kuliah shubuh.

Hari kedua di sekolah para peserta mengikuti kegiatan pembiasan pagi (shalat dhuha, dzikr dan asmaul husna) dilanjutkan kegiatan Khotaman Al Qur’an. Kegiatan siswa dari hari pertama sampai hari kedua dicek dalam lembar mutabaah. Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan lomba-lomba seru mulai dari lomba estafet ayat, tangga keberhasilan, dan siapa aku?. Peserta merasakan keseruan dan antusias yang luar biasa dari kegiatan dauroh yang diikuti. Semoga Allah jadikan kita generasi Al Qur’an yang selalu membaca Al Qur’an, menghafal dan mengamalkan Al Qur’an. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Berikut nama-nama peserta dan kelompok terbaik:

  • Peserta pemenang quiz : Tsaqifah Rahma dan Abror
  • Peserta teladan : RM Nabil
  • Tilawah terbanyak : Fahri Rizki Ramadhan
  • Video terbaik : M Haidar Zaky
  • Kelompok terbaik : Kelompok An Najm (akumulasi dari nilai lomba dan mutabaah )

اللَّهُمَّ ارْحَمْنَا بِالقُرْءَانِ

Yaa Allah, rahmatilah kami dengan Al Quran.

 

 

Artikel Lain

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Assalamu Alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah atas ni’mat yang telah Allah SWT karuniakan sehingga kita bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × one =