Home / SMPIT Kaifa / Kegiatan SMPIT Kaifa / Pelatihan Psikologi Anak Inklusi “Menyiapkan Pemahaman dan KeterampilanPsikologis Akademik dalam Meingkatkan Mutu Pembelajaran Inklusif SIT Kaifa”

Pelatihan Psikologi Anak Inklusi “Menyiapkan Pemahaman dan KeterampilanPsikologis Akademik dalam Meingkatkan Mutu Pembelajaran Inklusif SIT Kaifa”

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Alhamdulilahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du.

Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang disiapkan untuk mendidik anak-anak berkebutuhan khusus agar memiliki kesempatan belajar yang sama dengan anak-anak lainnya. Namun demikian, penyelenggaraan pendidikan inklusi perlu didesain sedemikian rupa sehingga potensi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) di sekolah dapat berkembang optimal.

Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara. Hak anak yang wajib dipenuhi diantaranya adalah hak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran. Anak berkebutuhan khusus juga berhak mendapatkan layanan pendidikan di sekolah.  Pelayanan pendidikan yang memberikan pelayanan bersama-sama antara anak yang tidak mengalami hambatan dan anak berkebutuhan khusus disebut pendidikan inklusif.

Pendidikan inklusif adalah sistem pendidikan yang menyertakan semua anak secara bersama-sama dalam suatu iklim proses pembelajaran dengan penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak secara bersama-sama dalam suatu iklim proses pembelajaran dengan layanan pendidikan yang layak dan sesuai kebutuhan individu siswa tanpa membedakan anak dari latar belakang suku, ras, status sosial, kemampuan ekonomi, bahasa,  jenis kelamin, agama/kepercayaan, dan perbedaan kondisi fisik atau mental.

Penyelenggaraan sekolah inklusi tidak sesederhana ucapan “penggabungan”, melainkan  perlu menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, baik bagi peserta didik normal maupun bagi peserta didik Anak Berkebutuhan Khusus. Salah satu permasalahan yang muncul berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan inklusi adalah terbatasnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para guru tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah Islam Terpadu Kaifa mengadakan pelatihan tentang cara psikologi anak berkebutuhan khusus yang bertemakan “Menyiapkan Pemahaman dan Keterampilan Akademik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Inklusif SIT Kaifa”.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru mengenai seluk beluk Anak Berkebutuhan Khusus serta Pendidikan Inklusi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru dalam mengelola kelas inklusi secara lebih tepat. Metode yang digunakan adalah ceramah, Focus Group Discussion, dan simulasi teknik pendampingan psikologis.  Pelatihan diikuti 23 guru yang tergabung dalam pelatihan pada Sabtu kemarin tanggal 30 Oktober yang bertempat di gedung SMPIT Kaifa. Ciomas-Bogor. Semua pesertanya terdiri dari guru kelas SMP, guru kelas SD, dan Guru Qur’an serta Guru Pendamping Iklusi. Dengan demikian, pelatihan ini telah mampu meningkatkan pemahaman peserta mengenai pengelolaan kelas inklusi.

Artikel Lain

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Assalamu Alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah atas ni’mat yang telah Allah SWT karuniakan sehingga kita bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =