Home / Tak Ada Kategori / SOSIALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT “DALAM TUBUH YANG SEHAT TERDAPAT JIWA YANG KUAT” SMPIT KAIFA

SOSIALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT “DALAM TUBUH YANG SEHAT TERDAPAT JIWA YANG KUAT” SMPIT KAIFA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Alhamdulilahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du.

 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku yang dilakukan atas kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu secara mandiri menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan serta mampu berperan aktif untuk mewujudkan kesehatan di masyarakat (Kemenkes RI, 2011). PHBS salah satu komponen penting dalam pembangunan kesehatan yang diperlukan adanya kesadaran, kemampuan, dan kemauan hidup sehat dari setiap penduduk sehingga dapat terwujudnya derajat kesehatan secara optimal.

 

Upaya untuk menciptakan dan melestarikan perilaku hidup yang berorientasi pada kebersihan dan kesehatan di masyarakat, agar masyarakat dapat mandiri mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan yang dihadapi disebut sebagai pembinaan PHBS.

 

Untuk itu SMPIT Kaifa melaksanakan sosialisasi PHBS sebagai bentuk perwujudan pemberian pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi yang kondusif bagi guru, siswa dan pegawai baik secara perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan. Sosialisasi ini menghadirkan pemateri dari UPT Puskesmas Ciomas yaitu dr. Manar Siti Denari Subur dan didampingi oleh bidan Mutiara.

Program PHBS yang masih kurang dilakukan masyarakat diantaranya pemenuhan gizi terkait dengan penimbangan balita setiap bulannya, memberantas jentik nyamuk sampai perilaku keluarga yang sering merokok di dalam rumah. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit diare, demam berdarah, infeksi saluran pernafasan akut dan penyakit jantung koroner. Terjadinya penyakit tersebut disebabkan karena lingkungan yang buruk dan PHBS dalam rumah tangga yang tidak sehat.

 

Semoga dengan sosialisasi kegiatan PHBS ini siswa-siswi SMPIT kaifa khususnya bisa lebih mengetahui dan mengamalkan kegiatan PHBS ini dalam kehidupan sehari.

Dalam tubuh yg sehat terdapat jiwa yg kuat.

Artikel Lain

MERAIH KEBERKAHAN BERSAMA AL QUR’AN Kegiatan Dauroh dan Munaqosyah Al Qur’an SMPIT Kaifa TP. 2021/2022

Alhamdulillah, bersyukur terhadap segala ni’mat yang Allah berikan kepada kita, atas kehendak Allah SWT, di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.