Home / YAYASAN / Kegiatan YQAB / DAUROH GURU AL QURAN SIT KAIFA

DAUROH GURU AL QURAN SIT KAIFA

       

Alhamdulillahirobbil alamin, atas izin Allah SWT akhirnya Daurah Guru Al Quran SIT Kaifa dapat dilaksanakan kembali. Kali ini berlokasi di Villa Insani Kp Cidokom Wates Cisarua Bogor. Menempuh perjalanan sekitar 1 jam di motor ataupun mobil, semua peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini.

Sesampainya di lokasi, udara dingin langsung menusuk tulang. Para peserta diarahkan ke Aula untuk mengikuti Acara Pembukaan oleh Ketua Yayasan Qurrota A’yun Bogor (Ust Rudy Warsito, SE) dan Kepala Unit Al Qur’an SIT Kaifa (Ust Abdurrahman, S.Pd.I). Dalam sambutannya, Ust Rudy menyampaikan bahwa Posisi guru Al Qur’an adalah seperti penolong agamaNya Allah. Dan barangsiapa yang menolong agama Allah, maka Allah akan menolongnya (QS. Muhammad:7). Oleh karena itu, guru Al Quran harus senantiasa mendasarkan semua aktivitasnya karena Allah.

Sementara itu, Ust Abdurrahman menyampaikan pesan yang tidak kalah pentingnya lagi. Bahwa setiap guru Al Quran memiliki tugas yang utama di muka bumi ini. Dengan beberapa fungsi yang sangat berperan bagi perbaikan akhlaq dan teladan disekitar kita. Pesan yang disampaikan beliau semakin membuat kegiatan berlangsung khidmat walaupun udara di lokasi terbilang cukup dingin.

Setelah acara pembukaan, para peserta rehat sejenak untuk kembali melanjutkan kegiatan pemberian Materi pertama. Materi pertama diberikan dengan sangat apik oleh ust Abdurrahman. Setelah itu semua peserta bisa bersantap makan siang dan shalat Dzuhur berjamaah di Aula.

 Bada ISHOMA tersebut, peserta semua dibagikan kelompok untuk praktik microteaching. Melalui praktik ini para peserta diberikan stimulus agar dapat menguatkan pembelajaran nya sehingga diharapkan setelah Daurah Quran, kualitas pembelajaran di SIT Kaifa bisa lebih baik lagi. Setelah selesai praktik microteaching, para peserta diberikan kesempatan untuk mengisi waktu dengan aktivitas masing-masing (free time). Waktu ini banyak diisi dengan kegiatan olahraga dan eksplorasi alam sekitar.

Bada shalat maghrib dan isya, peserta disuguhi materi Motivasi dari Ust. Muhajir Efendi tentang Karakter Model ahli Quran dalam Al Quran. Dalam materinya, Ust Muhajir menjabarkan bahwa setiap ahli Quran wajib memiliki 4 karakter utama seperti tercantum dalam QS. Ali Imran : 17, yaitu :

  1. Persistence/Kesabaran (Ash Shobirin)
  2. Trustworthy/Integrity (Ash Shodiqin)
  3. Discipline/Disiplin (Al Qonitin)
  4. Social Emphaty/Peduli Sesama (Al Munfiqin)

Bada motivasi, semua peserta beristirahat dan mempersiapkan tenaga untuk kegiatan di hari kedua.

Shalat Tahajud dilakukan bersama ditengah tiupan angin yang begitu dingin. Bada tahajud, semua peserta melakukan tilawah menyelesaikan tugas sampai khataman dihari tersebut sampai waktu shubuh. Bada shalat subuh, semua peserta dan keluarga besar SIT KAIFA mengikuti acara KAIFA BERDZIKIR dengan kegiatan utamanya berupa Pembacaan Al Matsurat oleh Ust Faizal, Doa Khatam Al Quran oleh Ust Fazri dan Tausiyah oleh Ust Taufik Aziz

Pukul 08.30 sampai selesai semua peserta mengikuti Team Building yang disajikan oleh Ust Arif Apriansyah dan tim berupa kegiatan OUTBOND dan games menarik. Terbagi ke dalam 4 kelompok : Badar, Sholahudin, Ana dan Hamasah, games yang disajikan betul-betul membangun soliditas tim Al Quran dan semakin mempererat ukhuwah diantara para guru. Luar biasa

Penutupan acara dilaksanakan pada pukul 11.00 dengan acara berupa sambutan, penutupan oleh Ketua Yayasan dan pembagian hadiah bagi pemenang. Adapun pemenang dari kegiatan ini adalah :

  1. Peserta Terbaik Ikhwan : Ust Fazri
  2. Peserta Terbaik Akhwat : Usth Wilda
  3. Microteaching Terbaik Ikhwan : Ust Kholil
  4. Microteaching Terbaik Akhwat : Usth Elis
  5. Kelompok Terbaik Games : Kelompok Ana

Alhamdulillah Daurah Al Quran ke-4 berlangsung dengan lancar, penuh khidmat dan menyenangkan. Semoga keberkahan didapatkan oleh para panitia, peserta dan untuk keluarga SIT Kaifa khususnya. Aamiin ya robbal alamin.

Artikel Lain

Rapat Kerja (Raker) Guru dan Staff SIT Kaifa Hari Ke-tiga

Bogor – Rapat kerja (raker) guru dan staff hari ketiga yang merupakan lanjutan dari rangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.