Home / Tak Ada Kategori / PENGUATAN TAHSIN TILAWAH GURU QUR’AN SIT KAIFA

PENGUATAN TAHSIN TILAWAH GURU QUR’AN SIT KAIFA

   

Ba’da tahmid dan sholawat, alhamdulillah bersyukur kepada Allah SWT, pada tanggal 17-18 Juni 2022 SIT Kaifa bisa melaksanakan agenda yang sangat penting yaitu Penguatan Tahsin Tilawah bersama Ust. H. M. Erwiyanto, SQ, S.Pd.I dari Ummi Foundation. Beliau adalah penulis buku Penguatan Tahsin Tilawah Metode Ummi untuk Guru Al Qur’an  & Siswa, dan juga dibersamai oleh Pembina Ummi Bogor dan juga Kepala Unit Qur’an SIT Kaifa; Ust. Abdurrahman, S.Pd.I yang mengisi materi di Penguatan Pendalaman Tahsin Tilawah Tahap 1. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dewan guru Al Qur’an SIT Kaifa yang kurang lebih berjumlah 29 orang yang bertempat di gedung SMPIT Kaifa.

Banyak ilmu dan pengalaman yang di dapat ketika mengikuti kegiatan Penguatan Tahsin Tilawah Tahap 1 ini. Peserta sangat antusias, meskipun banyak yang deg-degan dan grogi ketika mengikuti kegiatan ini. Peserta dilatih untuk membaca Al Qur’an dengan tartil dengan diberikan contoh-contoh menggunakan alat peraga dan buku panduan yang harus dibaca dengan suara tinggi. Disampaikan materi makhroj dan sifat secara detail selama 2 hari ini, meskipun belum semua materi huruf disampaikan karena lebih banyak praktik terkait materi yang disampaikan. Untuk pertemuan tahap 1 ini baru materi ء-ع,ح-ه. Peserta jadi lebih bisa memahami dan mengenal terkait karakter suara dan huruf-huruf hijaiyah yang harus dikuatkan.

Adapun tujuan dari program penguatan tahsin tilawah

  1. Menjadi program lanjutan bagi guru yang sudah bersertifikat metode ummi
  2. Menguatkan & meningkatkan standar kualitas bacaan guru yang berdampak pada hasil munaqosyah siswa
  3. Memahamkan grade kemampuan tilawah al Qur’an bagi para trainer dan guru al Qur’an
  4. Memahamkan macam-macam kesalahan& salah paham dalam belajar & mengajarkan al Qur’an.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan terus berlanjut pastinya di tahap berikutnya. Yang akhirnya dampak positif yang diharapkan dengan lebih baiknya kualitas bacaan dari siswa/i SIT Kaifa.

Aamiin ya Raobbal ‘Aalamiin..

Artikel Lain

”Workshop Bina Pribadi  Islami ( BPI) dan Implementasi Kurikulum Prototipe 2022 di SIT melalui  RPP Terpadu dan Tematik”

Alhamdulillah atas nikmat dan karunia Allah SWT hingga kita bisa mengikuti kegiatan ”Workshop Bina Pribadi  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 2 =