Home / SDIT Kaifa / Kegiatan SDIT Kaifa / Serunya Outing Class ke Sea World dan Ocean Dream

Serunya Outing Class ke Sea World dan Ocean Dream

Oleh : Ibu Siti Ruhayatun, S.Si

Belajar dianggap sesuatu yang membosankan bagi sebagian besar siswa. Belajar di kelas, dengan aktivitas yang selalu sama, monoton dari jam ke jam, dari hari ke hari menjadikan belajar tidak menarik lagi bagi siswa. Antusiasme dalam mengikuti pembelajaran juga berkurang, siswa cenderung pasif , dan tidak ada kreativitas maupun inovasi inovasi yang muncul dari siswa. Berbagai metode pembelajaran bermunculan untuk meningkatkan minat dan antusiasme siswa dalam belajar. Guru dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dinilai dapat meningkatkan semangat dan antusiasme siswa adalah melalui outing class.

Dengan pembelajaran outing class ini siswa akan belajar dengan menyenangkan, sehingga akan termotivasi dan bersemangat untuk melakukan segala kegiatan. Siswa akan merasakan sensasi baru dalam kegiatan belajarnya. Outing class memberikan pengalaman siswa untuk belajar dengan alam, belajar dengan objek secara langsung, belajar dengan ahlinya, bukan lagi sajian materi-materi pelajaran yang bersumber dari teks book.

Penerapan metode outing class dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pada kesempatan kali ini (Kamis, 12 Januari 2023) SDIT KAIFA kelas 5 melaksanakan outing class dengan metode mengajak siswa ke tempat wisata yaitu Sea World dan Ocean Dream Ancol. Pengalaman belajar yang diharapkan adalah siswa dapat mengidentifikasi berbagai macam ekosistem air tawar dan air laut termasuk komponen biotik dan abiotik yang terdapat di dalamnya sesuai materi yang telah dipelajari pada buku Tema E.

Siswa begitu antusias mengikuti kegiatan outing kali ini. Pada pukul 05.30 siswa telah berkumpul di Kecamatan Ciomas, kemudian ada pengecekan jumlah peserta dan pengarahan dari Kepala Sekolah. Jumlah peserta seharusnya 71, namun terdapat 2 siswa yang tidak dapat mengikuti kegiatan ini yaitu Ananda Zaid sedang dirawat dan Junandra yang izin mudik ke kampung halamannya, maka jumlah peserta menjadi 69 orang (63 siswa dan 6 guru). Pada pukul 06.15 WIB rombongan yang terdiri 2 bus mulai berangkat dan tiba di lokasi pukul 08.30 WIB.

Kegiatan dimulai dengan melaksanakan sholat dhuha di masjid Baiturrahman Ancol, selanjutnya mengunjungi Sea World terlebih dahulu. Di Sea World terdapat beberapa wahana, seperti akuarium raksasa yang memiliki terowongan Antasena sehingga siswa dapat merasakan sensasi berada di dasar lautan melihat berbagai macam ikan di sekelilingnya. Kedua wahana jelly fish, di sini siswa belajar tentang kehidupan jelly fish di dasar laut serta bahaya yang dapat ditimbulkannya. Selanjutnya wahana akuarium air tawar dengan berbagai macam ikan hias dilengkapi batu karang dan ornament lainnya. Di sini siswa juga mendapat pengalaman belajar tentang kehidupan  penyu dan bintang laut, dari mulai habitat dan cara berkembang biaknya. Bagi siswa yang suka menggambar juga ada kegiatan mewarnai ikan yang dapat discan dan kemudian menjadi serasa hidup.

 

Setelah puas mengikuti rangkaian kegiatan di Sea Worl, Outing kita lanjutkan ke Ocean Dream. Kali ini tidak kalah seru, berbagai wahana edukasi tersedia di sini. Mulai dari penguin education dimana siswa belajar tentang kehidupan penguin, Mermaid show, Sea Lion show, dolpin show dan yang paling menarik menurut siswa adalah wahana 5D. Pada wahana 5D kita berada di ruangan seperti bioskop menggunakan kacamata 5D kemudian menonton sebuah tayangan kehidupan hewan yang seolah-olah kita benar-benar berada di lokasi tersebut mulai dari hewan kutub, gurun, hewan aboreal (hidup dipohon) dan hewan darat tentunya. Selain wahana-wahana edukasi tersebut juga terdapat wahana hiburan seperti roller coaster, komidi putar dan sebagianya.

Alhamdulillah rangkain kegiatan outing berjalan lancar dan berakhir pada pukul 16.00 WIB kemudian dilanjutkan Sholat Ashar dan pulang. Rombongan tiba di kecamatan Ciomas pada pukul 18.20, kemudian seluruh siswa pulang kerumah masing-masing. Respon positif muncul dari para siswa setelah mengkuti outing class kali ini. Dengan antusisnya sesampainya dirumah mereka menceritakan kembali keseruan outing kepada orang tuanya. Semoga setelah pembelajaran di luar kelas (outing) kali ini muncul ide-ide kreatif, antusiasme dan semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran lanjutan di kelas menjadi meningkat.Bisa dikatakan outing class merupakan kegiatan yang dapat me-refresh suasana belajar sehingga menjadi lebih seru dan menyenangkan. Amiin…

Artikel Lain

PRAMUNAQOSYAH SDIT KAIFA TAHUN PELAJRAN 2021-2022

Oleh : Ibu Fatimah Irma Kartini   Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.